Jumat, 09 Maret 2012

Aneka Sepeda Kayu yang Ramah Lingkungan


Lagomorph-Black-Walnut-bike2.jpg (550×478)

Masalah perhatian terhadap lingkungan telah mendunia termasuk materi pembuatan sepeda yang ramah lingkungan.Di Indonesia pada jaman penjajahan Jepang,, pengungsi di Ciamis-Jawa Barat ada yang menggunakan sepeda bambu dan sepeda kayu. Dalam kondisi
kekurangan/kemiskinan orang Indonesia pada saat 60 tahun yang lalu telah berpikir kreatif membuat sepeda kayu dengan pertimbangan bukan lingkungan melainkan harga bahan kayu dan bambu jauh lebih murah dari besi. Saat ini justru di negara maju sepeda kayu dan sepeda bambu dianggap hasil kerajinan tangan yang dihargai lebih  tinggi daripada  sepeda besi.  Berikut ini disampaikan beberapa sepeda  terbuat dari kayu yang berasal dari beberapa negara.

Walnut Bike
Sepeda ini agak mahal - harga $ 6000 - atau sekitar Rp 50 jutaan. Diperuntukkan bagi anda yang mencari keindahan dan kemewahan bersepeda. Sepeda Walnut dibuat dari kayu walnut hitam. sepeda trendi dan rumit yang pernah dibuat dengan  kenyamanan dan kemewahan. Sepeda ini dari bahan yang berkelanjutan dan disamping menjaga lingkungan tetap hijau, tetapi juga akan memberikan tampilan mewah dalam perjalanan anda dengan kendaraan  roda dua  Kendaraan berkelas ini telah dibuat oleh Desainer Legomorph yang juga telah memberikan Sepeda Walnut dengan tambahan high-end fitur seperti Diacomp rem dan rims Mavic. Anda dapat menikmati perjalanan saat hujan dan genangan air tanpa harus khawatir tentang rantai berkarat .

Wooden Bicycle

wooden_bike01_550x413.jpg (550×413)

Beberapa mahasiswa dari sebuah universitas di Jerman merancang dan membangun sepeda dengan bingkai dari kayu, Mereka menggunakan ban karet dari bahan yang non-biodegradable . Selain itu, karena mahasiswa telah menggunakan kayu untuk frame tersebut, ia langsung mengarah pada penebangan hutan yang lagi-lagi tidak membuat kendaraan ini ramah lingkungan dan hijau. Oleh karena itu, kendaraan ini dapat disebut sebagai "semi-hijau".


SplinterBike

Splinterbike-1.jpg (900×740)

SplinterBike seluruhnya terbuat dari kayu. Dari roda ke pelana untuk gigi - semua dibuat dari kayu  Dirancang oleh Michael Thompson, kendaraan ini menggunakan berbagai jenis kayu yang memiliki sifat yang berbeda. Sebagai contoh, ulin berminyak telah digunakan sebagai pengganti bantalan logam. Kayu Ekki digunakan untuk as roda sedangkan setang dan pedal terbuat dari gagang sapu lama. Yang paling menakjubkan 'kayu' fitur dari motor ini adalah drivetrain karena tidak mudah untuk membuat sebuah rantai kayu yang merupakan roda penggerak 128-gigi besar yang menghubungkan gigi dan chaining ke roda belakang. Berat SplinterBike 31 kilogram, tetapi  merupakan sepeda kayu tercepat dibanding lainnya karena dapat melaju dengan kecepatan maksimum 31 mil / jam.



1. Audi Duo Bike
audi-duo-bicycle_460x0w.jpg (460×283)


Audi bekerja sama dengan Renovo Desain, yang populer untuk manufaktur sepeda dengan bingkai kayu, akan membuat sepeda dengan keahlian "Audi". Audi berencana untuk menggelar sepeda kayu yang ramah lingkungan dengan menciptakan frame monocoque bukan bahan merek dagang Audi - aluminium ringan, seperti kayu yang merupakan penyerap lebih baik dari getaran dan guncangan. Audi berencana untuk menambahkan berbagai fitur pada sepeda yang membuatnya kompak selain menawarkan ban yang kecil, sebuah kereta gigi 20-kecepatan dan Red SRAM dan tidak ada fender. Ini pasti akan menjadi sepeda masa depan yang akan dihargai $ 7460. atau kira kira Rp 65 juta

Sepeda DIY Wooden